Mari Upayakan Pencak Silat agar Tampil di Asian Games 2018

Jakarta – Sebagai olahraga bela diri asli Indonesia, pemerintah terus berusaha agar pencak silat jadi dipertandingkan di Asian Games 2018 yang diadakan di Jakarta dan Palembang.

Hal itu ditegaskan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi saat membuka Kejuaraan Nasional II dan Festival Pencak Silat Nahdhatul Ulama Pagar Nusa di Padepokan Pencak Silat Indonesia, TMII, Jakarta, Minggu (21/8/2016) sore.

“Insya Allah pada Asian Games 2018 pencak silat akan secara resmi dipertandingkan. Kita berharap dan mendorong agar pada tahun 2020 cabang ini juga bisa dipertandingkan di Olimpiade Tokyo,” demikian Imam dalam sambutannya.

Rencananya pada Asian Games 2018 akan dipertandingkan 37 cabang olahraga (cabor). Sebagai tuan rumah, Indonesia punya hak mengajukan usulan cabor dan melalui Komite Olimpiade Indonesia (KOI) mengajukan pencak silat, bridge, dan panjat tebing.

Usulan tersebut akan diputuskan oleh Dewan Olimpiade Asia (OCA) pada rapat mereka di bulan September.

Imam menambahkan, pemerintah tak bosan mempromosikan olahraga asli Indonesia dalam setiap kunjungan kerjanya ke mancanegara. Minggu lalu, misalnya, saat mengunjungi Suriname, Kemenpora menjalin kerja sama olahraga antara lain dengan mengirim pelatih pencak silat dan bulutangkis ke Suriname.

“Saya mengajak saudara-saudara melalui media sosial untuk dapat mempromosikan bahwa pencak silat lahir di Indonesia, dikarenakan pada saat ini ada negara lain yang mengakui bahwa pencak silat lahir dari negara mereka. Dan ketika bertanding nanti saya harap anda semua dapat bertanding secara sportif dan baik, kita yakin dan percaya kepada penilaian wasit,” sahut Imam.

Kejurnas II dan Festival Pencaksilat NU Pagar Nusa dimeriahkan oleh penampilan Gebyar Bendera yang dibawakan oleh pendekar-pendekar dari Pagar Nusa Jawa Timur. Ditampilkan pula sejumlah atraksi dari berbagai padepokan silat di tanah air.

“Kami berharap kejuaraan dan festival ini tidak hanya mencetak atlet berprestasi tapi kami juga berharap keluarga Pagar Nusa bisa mengambil peran dalam memajukan dan memakmurkan bangsa ini,” ujar Sekjen PP Pagar Nusa Muhammad Nabil, yang juga memberikan gelar anggota kehormatan pencak silat NU Pagar Nusa kepada Menpora.

sumber: detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *